JJ Amstrong Sembiring mendaftar komisioner KPK

Thursday, July 2nd, 2015

image

JAKARTA (http://suarakawan.com) – Minat menjadi pimpinan KPK bukan saja menarik perhatian aktivis sekaligus pekerja seni Ratna Sarumpaet, tapi juga JJ. Amstrong Sembiring, aktivis air-lawyer-dosen.

Amstrong terlihat mendaftarkan diri ke Pansel KPK, Kamis (2/7) siang di Gedung Setneg, Jakarta.

Amstrong merupakan lulusan Magister Hukum Universitas Indonesia pada 2007 yang kiprahnya dimulai dari memberikan advokasi dan bantuan kepada para aktivis mahasiswa angkatan 1998.

Selain itu menjadi lawyer PKL Udung Sumpena Cs pada 2001 di Bandung.

Kasus PKL Udung Sumpena cs merupakan kasus publik yang menyita perhatian karena merenggut nyawa Udung saat di dalam tahanan kepolisian.

Kerusuhan saat pembersihan para PKL itu pertama kali terjadi di Bandung.

Pendaftaran Amstrong didukung oleh beberapa LSM, seperti Komunitas Pelanggan Air Minum Jakarta, Keluarga Anti Korupsi Indonesia(KAKI), Konsorsium Untuk Transparansi Informasi Publik (KUTIP), Barisan Rakyat Anti Korupsi dan Kriminalisasi.

Nampak hadir Direktur Eksekutif KUTIP Suta Widhya yang menyatakan bahwa Amstrong Sembiring layak menjadi pimpinan KPK. Alasannya, pertama, pengacara Forum Gubernur Jakarta pada 2002 saat para balongub DKI dieleminir oleh rekayasa Pilkada tidak langsung saat Sutiyoso dimenangkan oleh “rekayasa formasi 27″. Kedua, berprestasi membela kepentingan pelanggan air PAM saat class action di PN Jakarta Pusat pada Mei 2003. Ketiga, membela mahasiswa yang ditahan di Polda Metro Jaya karena memperingati kejatuhan Soeharto tahun ke-5. Keempat, pengacara mahasiswa yang tertangkap demo 2008 peringatan 10 tahun tumbangnya Soeharto.
Kelima, ia begitu geram atas sikap hakim PN Jakbar yang dinilai sarat mafia peradilan dan mafia hukum. Akibatnya, ia memukulkan gelas ke wajahnya. Ada 6 jahitan dari Poliklinik Komisi Yudisial saat melapor atas perilaku Hakim yang aneh dan cenderung berpihak kepada pengacara lawan.

Semua penilaian di atas minimalis dari kapasitas Amstrong, lelaki kelahiran 45 tahun silam yang suka memberikan pembekalan calon-calon mahasiswa dengan bimbingan matematika dan fisika ini.

“Semoga pansel KPK dapat menghasilkan kepemimpinan baru yang capable dan mampu menegakkan hukum tanpa tebang pilih. Saya yakin, nanti berani tembak mati Koruptor bila putusan Pengadilan berkekuatan hukum tetap,” tegas Suta. (hans/rur)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: